One World Strategy

UPH Medan

Saya tertarik dengan kata globalisasi. Untuk menghadapi era globalisasi, maka kita membutuhkan satu strategi yang disebut dengan “One World Strategy”. One world strategy dimulai dari kolaborasi. Manusia saat ini seperti sedang hidup bersama dalam satu kapal besar dengan 193 kabin yang sedang mengarungi lautan dengan turbulensi semakin dahsyat, tanpa kapten.

Dalam kondisi global yang saling terkait dan tergantung tersebut, kolaborasi adalah the key to survive and win!

Makin terlihat bahwa menerima keberagaman adalah syarat utama untuk bisa “berjalan” di dunia global ini. Mana bisa bertahan jika hanya bersedia kenal dan bekerjasama dengan orang yang “sejenis/sepaham” saja kala kita semuanya saling tergantung satu sama lain.

Artikel ini terinspirasi dari kunjungan yang saya lakukan ke IT Del. Saya sangat senang, mendapatkan kesempatan untuk bisa melakukan kunjungan ke IT Del. Salah satu perguruan tinggi yang baik menurut saya. Saya mewakili UPH Medan (Universitas Pelita Harapan Medan) mendapatkan sambutan yang baik dari civitas akademika IT Del. Dalam kesempatan itu, kami tidak hanya membahas berbagai trend terbaru di bidang IT, tetapi membahas berbagai peluang kerjasama yang mungkin dapat kita lakukan antara IT Del dan UPH Medan.

Dalam dunia yang semakin convergence seperti saat ini, keseragaman tak lagi memberi ruang untuk bisa maju dan the world is getting smaller and smaller, membangun tembok sendiri di sekitar kita akan membuat kita semakin terpencil. Individu, perusahaan, organisasi, perlu melihat dengan lensa yang lebih luas, dan menyambut datangnya perspektif yang berbeda-beda. Tak berarti semua perspektif perlu disetujui. Menerima tiap orang punya perspektif berbeda akan meluaskan wawasan berpikir. Lebih jauh, mendengarkan beragam cara pandang orang lain terhadap suatu masalah bahkan kadang-kadang memberi ide terhadap solusi yang baru.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *