Master Class Digital Marketing

Membicarakan perkembangan dari teknologi tentu tidak ada habis-habisnya. Seluruh aspek kehidupan saat ini mengalami satu fenomena “Sudden Shift” (tiba-tiba berpindah).  Apakah Anda masih berpikir bahwa mata uang dolar Amerika masih menguasai dunia? Tentu tidak. Juga bukan mata uang Yuan yang menguasai dunia saat ini. Melainkan mata uang digital. Bill Gates mengatakan bahwa “banking is necessary, banks are not” dan hal itu bukan pernyataan kosong. Kita dapat melihat bahwa saat ini, hampir semua gerai membuka mata uang digital bagi para konsumennya. Ketika anda duduk menikmati secangkir kopi di coffee shop, kemudian Anda ditawari member card yang dapat Anda Top Up.

Perubahan ini, tentu memberikan pengaruh terhadap bagaimana melakukan pendekatan kepada konsumen dari produk atau jasa. Penggunaan billboard, iklan TV, bahkan iklan koran semakin tidak efektif. Hermawan Kartajaya dalam berbagai bukunya mengatakan bahwa untuk menciptakan produk atau jasa, diperlukan ke tiga hal ini yakni Product, Differentiation, dan Branding. Tetapi belakangan, Hermawan Kartajaya menambahkan “Advocate” ke dalamnya. Oleh karena kondisi konsumen saat ini membutuhkan referensi saat memutuskan untuk membeli jasa atau produk.

Untuk memperlengkapi mahasiswa-mahasiswi UPH Medan menyambut tantangan global, Himpunan mahasiswa jurusan Program Studi Sistem Informasi UPH Medan, mengadakan seminar “Master Class Digital Marketing” di Lippo Plaza Campus Lt 6.

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2016 dengan menghadirkan pembicara ketua program studi Sistem Informasi UPH Medan Okky Barus praktisi digital branding dan juga Arifin Fu selaku Executive Director UPH Medan.

Acara ini bertujuan untuk sharing knowledge dan pengalaman terkait industri sehingga mahasiswa memiliki knowledge tambahan perihal digital marketing. Dalam kesempatan ini, Okky Barus memaparkan berbagai tools yang digunakan dalam Digital Marketing sehingga aktivitas digital marketing dapat terukur dan tepat sasaran. Selain dibekali dengan kemampuan teknikal, dalam master class ini, Arifin Fu juga memaparkan materi technopreneurship yang saat ini viral dimana-mana.

Seminar ini dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan umum. Seminar ini ditutup dengan cara yang tidak lazim seperti biasa yakni dengan dengan foto berpose “Usain Bolt Style”. Kenapa Usain Bolt Style? Secara sederhana, Usain Bolt adalah seorang pelari tercepat di dunia. Sama halnya dengan Digital Marketing. Digital marketing is a contest for people’s attenttion. Keep rushing forward and stay in front. Ignoring digital marketing is like opening a business but not telling anyone.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *