Catatan Mengenai “Asa”

Tony Scott, 68 tahun, merupakan sutradara beberapa film ternama seperti Top Gun, Beverly Hills Cop II, Enemy of The State, Spy Game, The Taking of Pelham 123, meninggal dunia setelah melompat dari jembatan Vincent Thomas di Los Angeles. Ia meninggalkan sepasang anak kembar dan istri ketiganya.

Tanggal 22 Agustus 2016, di Medan terjadi aksi bunuh diri di tengah mall Center Point Medan. Memang ini bukan kejadian yang pertama aksi bunuh diri di kota Medan. Kejadian ini, hanya memanjangkan deretan pelaku bunuh diri di kota ini.

Orang miskin, orang kaya, IQ Tinggi, atau IQ Rata-rata, orang gagal atau orang sukses, sama sama memiliki masalah yang harus dihadapi dalam kehidupan. Kita sering kagum melihat kesuksesan atau kehebatan seseorang tanpa tahu banyaknya sisi gelap dalam kehidupannya. Masa-masa dimana seseorang mengalami putus asa atas segala upaya yang telah dilakukannya.

Asa atau harapan adalah suatu senjata yang diberikan Tuhan pada manusia. Harapan adalah kekuatan dahsyat dalam menjalankan kehidupan. Tak semua makhluk hidup memiliki kekuatan harapan seperti manusia. Sebesar apa kira-kira kekuatan harapan manusia? sebesar peradaban yang telah dicapai manusia, dan yang akan dicapainya nanti. Ketika kesulitan menerpa secara otomatis sebenarnya manusia memunculkan asanya untuk mencoba melawan.

Masalahnya adalah, apakah asa yang timbul ditindaklanjuti dengan aksi? Lalu seberapa besar kemampuan untuk terus menjaga harapan tersebut?

Asa itu adanya dalam pikiran. Ketika dia putus, pikiran pun putus. Logika tidak lagi berjalan. Semua nasihat, ayat kitab suci dan hiburan tidak masuk lagi. Jangan pernah biarkan diri tersentuh putus asa karena putus asa itu menular dan melumpuhkan.

 

Kesimpulannya, setiap orang punya kesempatan untuk menang. Yang membedakan adalah apakah “pertandingannya” dijalani atau tidak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *