Cara Belajar Fun

Pagi ini, teman saya memberitahu saya bahwa game Pokemon Go telah release secara resmi. Sehingga saya yang di Kota Medan, bisa mencoba aplikasi ini secara resmi. Setelah sebelumnya berusaha ini dan itu untuk memainkan game ini.

Salah satu sifat dari game adalah “fun”. Ketika ada game yang membuat orang tergila-gila untuk memainkannya, berarti itu game yang bagus. Sesuai dengan tujuannya, yaitu menyenangkan. Game yang tidak memberikan rasa menyenangkan belum bisa dikatakan berhasil.

Hal ini berbeda dengan media pembelajaran. Sifat media pembelajaran adalah memberikan informasi untuk bisa dipelajari, sehingga pengguna bisa merasakan manfaatnya atau setidak-tidaknya menjadi tahu atau lebih tahu.

Menyenangkan atau tidak, tidak menjadi lebih penting dari isi materi dari media pembelajaran itu sendiri.

Persoalannya adalah bagiaman kita bisa menempatkannya. Membuat game, bisa saja kita memberikan pembelajaran asal faktor “fun” tidak boleh mengurangi kepentingan materi pembelajaran itu sendiri.

konten pembelajaran elektronik

konten pembelajaran elektronik

Saya jadi teringat beberapa tahun lalu, saya sempat membuat konten pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Dimana konten pemebalajaran tersebut digunakan oleh dosen saya untuk membawakan mata kuliah dengan lebih fun dan menyenangkan. Saat itu sewaktu e-learning baru-baru saja masuk ke dalam dunia kampus. Saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan aplikasi konten pembelajaran tersebut. Kedepan saya akan coba meluangkan waktu untuk menghadirkan konten pembelajaran digital itu kembali dengan tujuan mempermudah mahasiswa dalam memahami pembelajaran.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *